Buka Jam 08.00 s/d Jam 20.00 WIB.
Beranda » Informasi Terbaru » Efek samping mandi dengan air hangat pada kesehatan kulit tubuh

Efek samping mandi dengan air hangat pada kesehatan kulit tubuh

Diposting pada 29 August 2017 oleh gtcbaliratih
Efek samping mandi dengan air hangat pada kesehatan kulit tubuh

sebaiknya sobat tahu tentang Efek samping mandi dengan air hangat pada kesehatan kulit tubuh

 

Halo sobat Bali Ratih, pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan beberapa hal yang berkaitan antara mandi dengan air panas dengan kesehatan kulit tubuh kalian semua.

Entah karena alasan apa ternyata banyak juga ya orang yang senang mandi dengan air panas. Tapi ingat ya sobat semua, sebagaimana disampaikan oleh dr. Karin Wiradarma yang dilansir dalam Be Health liputan6.com, bahwa mandi dengan air panas itu boleh-boleh saja namun jangan terlalu sering ya sobat. Karena jika terlalu sering akan menimbulkan efek samping pada kesehatan kulit tubuh, diantaranya kulit menjadi kering.

Mandi dengan air panas masih boleh dilakukan dalam beberapa situasi tertentu, seperti saat tubuh sedang tidak fit, atau jika Anda harus mandi terlalu malam.

Dokter Karin juga mengingatkan, setiap selesai mandi air panas jangan lupa untuk langsung mengoleskan pelembab atau body lotion. Pastikan anda menggunakan Body Lotion Bali Ratih ya sob … he he … dan gunakan saat kulit tubuh masih lembab dan belum benar-benar kering agar body lotion bekerja lebih efektif dalam menjaga kesehatan kulit.

Sekedar info untuk agan – sista semua, perihal mandi dengan air hangat, silahkan simak artikel berikut :

Manfaat mandi dengan air hangat

Jika sobat mandi dengan air hangat, maka sobat akan mendapatkan beberapa manfaat yang dapat sobat rasakan, yaitu antara lain :

  1. Mengurangi stres dan insomnia

Mandi dengan menggunakan air hangat, tubuh akan terasa lebih rileks dan nyaman. Jika anda sedang sakit, sakit pun akan terasa lebih ringan. Jika anda merasa stres dan galau karena banyak beban pikiran, pikiran anda akan lebih rileks dan lebih baik. Dan jika anda susah tidur atau sedang mengalami insomania, mandilah dengan air hangat kuku agar anda akan bisa tidur lebih mudah.

  1. Mengobati sakit ringan

Jika anda mengalami sakit ringan seperti flu, batuk,demam, sakit kepala ringan dan sebagainya,sebaiknya sobat atasi dengan mandi menggunakan air hangat. Dengan menghirup uap air panas tersebut akan dapat menghilangkan penyebab iritasi pada tenggorokan. Selain itu juga bisa menghilangkan dahak serta rasa nyeri pada tenggorokan

  1. Meningkatkan sirkulasi darah

Air hangat untuk mandi, akan merangsang sirkulasi dan aliran darah dalam tubuh. Mulai basahilah tubuh dari bagian bawah ke atas. Pada saat itu juga terjadi pelemasan sendi, tendon, jaringan otot. Meski tidak menyembuhkan secara permanen,  mandi hangat ini dapat mengurangi sakit, merangsang penyembuhan, mengurangi radang, dan memperlancar sirkulasi darah.

  1. Baik untuk penderita diabetes

Jika anda ingin menurunkan kadar gula dalam tubuh, berendamlah dengan air hangat selama 30 menit. Karena dengan cara begitu, kadar gula darah dalam tubuh akan menurun secara perlahan.Semoga anda terhindar dari masalah diabetes.

 

Efek samping mandi dengan air hangat

Ingat ya agan-sista, seperti yang diutarakan oleh dr. Karin Wiradarma, penggunaan air hangat untuk mandi dapat menimbulkan beberapa efek samping negatif pada diri kita. Mandi dengan menggunakan air hangat secara berlebih akan menimbulkan efek kulit kering dan beberapa hal lainnya.

 

  1. Kulit tubuh sensitif

Mandi dengan air hangat bahkan hampir panas secara berlebih akan berdampak pada kesehatan kulit tubuh dan muka anda. Kulit menjadi lebih sensitif dan menimbulkan berbagai reaksi seperti kulit terbakar, muncul ruam merah, dan luka pada kulit.

  1. Tekanan darah menurun drastis

Aturlah suhu air agar tidak terlalu panas saat digunakan untuk mandi dan mulailah dengan membasuh tubuh dari bagian bawah terlebih dulu terus naik perlahan sampai bagian kepala agar suhu darah dalam tubuh dapat menyesuaikan dengan baik dan maksimal. Keseimbangan suhu air dan tubuh tidak akan menurunkan tekanan darah secara drastis atau tidak akan memicu jantung berdetak lebih cepat.

Keseimbangan suhu ini juga dapat mencegah timbulnya sakit kepala atau migran Karen jika tidak dijaga mendi dengan air hangat malah bisa menimbulkan atau mengakibatkan sakit kepala atau migren, sulit berdiri atau berjalan dengan normal.

  1. Gangguan pencernaan

Jika sobat sedang mengalami masalah pencernaan, sebaiknya jangan mandi dengan air hangat secara berlebihan, karena dapat memperparah kondisi pencernaan anda.Apalagi jika sobat mandi jika sobat mandi dengan air hangat atau air dingin setelah anda makan. Gejala yang terjadi biasanya rasa mual dan muntah. Sangat tidak disarankan bagi sobat semua, mandi sesaat setelah makan karena tingginya perbedaan suhu tubuh yang sedang mencerna dengan suhu air yang digunakan.

 

Nah itulah sedikit info tentang mandi dengan air hangat terutama bagaimana akibatnya atau efeknya terhadap kesehatan kulit tubuh kita. Semoga bermanfaat ya dan nantikan info-info lainnya khusus buat agan-sista Sobat Bali Ratih.

Bagikan informasi tentang Efek samping mandi dengan air hangat pada kesehatan kulit tubuh kepada teman atau kerabat Anda.

Efek samping mandi dengan air hangat pada kesehatan kulit tubuh | Lotion Pemutih Badan | Lulur Alami | Body Scrub dan Mist

Belum ada komentar untuk Efek samping mandi dengan air hangat pada kesehatan kulit tubuh

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan