Open Order 24H / 7Days - Support 08.00 s/d 20.00
Beranda » Informasi Terbaru » Mengkonsumsi makanan atau minuman berlebihan dapat merusak kulit tubuh

Mengkonsumsi makanan atau minuman berlebihan dapat merusak kulit tubuh

Diposting pada 20 February 2016 oleh gtcbaliratih
makan berlebihan picu timbul jerawat

Konsumsi makanan berlebihan dapat merusak kulit tubuh

Merawat kulit tubuh agar tetap sehat dan cantik tidak cukup hanya dengan melakukan perawatan hanya dari bagian luar tubuh saja. Setiap mengkonsumsi makanan atau minuman yang diserap tubuh, dapat terlihat dari penampilan kulit tubuh Anda. Beberapa jenis makanan atau minuman memiliki manfaat pada  kulit tubuh agar tampak sehat bercahaya, terutama mengkonsumsi makanan seperti sayur mayur dan buah segar yang dikonsumsi secara tidak berlebihan.

Setidaknya ada beberapa kebiasaan yang mungkin Anda lakukan dalam mengkonsumsi makanan atau minuman secara berlebihan. Karenanya Segeralah kurangi mengkonsumsi makanan atau minuman secara berlebihan jika tidak ingin kulit wajah Anda berjerawat, terlihat kusam atau bahkan terkesan cepat menua.

•    Karbohidrat
Dikutip dari Times of India, diet yang tinggi karbohidrat sederhana seperti, nasi, mie, tepung terigu, roti, bolu, permen, dapat memicu timbulnya jerawat. Jenis makanan atau minuman ini punya kecenderungan meningkatkan kadar gula darah, melepaskan hormon yang menstimulasi produksi minyak sehingga menyumbat pori-pori. Jadi jika wajah Anda cenderung mudah berjerawat, ganti karbohidrat putih dengan karbohidrat kompleks dari nasi merah atau gandum utuh. Perbanyak mengkonsumsi makanan dengan protein rendah lemak dan sayuran segar.

•    Lemak pada makanan
Lemak jenuh merupakan makanan  tidak sehat bagi tubuh. Tapi bukan berarti Anda harus menghindari lemak sama sekali dalam diet. Lemak dalam jumlah yang cukup justru diperlukan untuk membuat kulit tubuh terlihat muda. Lemak sehat seperti Omega-3 misalnya, diperlukan kulit tubuh agar tetap lembab, mencegah keriput, kulit kering dan jerawat. Lemak sehat bisa didapatkan dari kacang kedelai, ikan berlemak seperti salmon atau tuna, minyak zaitun juga kacang-kacangan.

•    Susu
Terlalu banyak mengkonsumsi makanan atau minuman mengandung susu bisa memicu timbulnya jerawat dan komedo, terutama bagi mereka yang mempunyai tubuh lemah dalam memproduksi enzim untuk mencerna gula susu laktosa dan memang memiliki kulit rentan jerawat. Sebaiknya hindari atau kurangi konsumsi susu jika Anda memiliki kondisi tersebut.

•    Garam
Konsumsi garam yang terlalu banyak bisa menyebabkan mata sembab dan membentuk lingkaran menghitam di bawah mata. Sodium atau garam menyebabkan jaringan tubuh membengkak, membuat wajah terlihat sembab. Makanan dengan kandungan garam terlalu tinggi juga bisa memperparah jerawat yang sudah timbul. Oleh karenanya kurangilah konsumsi garam, ganti dengan memperbanyak potasium yang terkandung pada pisang, ubi, saus tomat, kacang panjang, dan wortel. Hindari mengkonsumsi makanan kalengan karena umumnya tinggi sodium.

•    Gula
Terlalu sering mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula juga dapat  mengakibatkan penuaan dini dan kerusakan sel. Makanan tinggi gula seperti permen, es krim, cokelat dan bolu berpotensi merusak sel-sel kulit karena menyerang kolagen dan elastin, jaringan yang menjaga kulit tubuh tetap kencang dan kenyal. Anda sebaiknya mengkonsumsi gula tidak lebih dari tujuh sendok teh sehari.

•    Kopi
Secangkir atau dua cangkir kopi sehari mungkin terbilang aman. Lebih dari itu, kulit tubuh akan terganggu kesehatannya. Kafein yang terkandung di dalam kopi bisa memicu hormon kortisol. Hormon ini biasanya diproduksi tubuh ketika seseorang mengalami stres. Hormon stres ini, jika dipicu pelepasannya terus menerus bisa merusak kulit dengan memicu penuaan dini, dehidrasi, membuat kusam pada kulit dan  juga mempercepat timbulnya garis halus dan keriput.

•    Alkohol
Minuman beralkohol bisa merusak kulit tubuh apabila diminum setiap hari atau terlalu sering. Biasanya efek minuman beralkohol akan terlihat pada kompleksi kulit terutama area wajah. Terlalu banyak mengkonsumsi alkohol bisa menyebabkan dehidrasi, yang membuat kulit kusam, timbul keriput dan juga menjadikan kulit kering. Alkohol juga dapat mengikis vitamin A di dalam tubuh yang berfungsi meregenerasi dan memperbaiki jaringan kulit. Belum lagi masalah kulit lainnya seperti jerawat, rosacea, eczema dan psoriasis.

Bagikan informasi tentang Mengkonsumsi makanan atau minuman berlebihan dapat merusak kulit tubuh kepada teman atau kerabat Anda.

Mengkonsumsi makanan atau minuman berlebihan dapat merusak kulit tubuh | Lotion Pemutih Badan | Lulur Alami | Body Scrub dan Mist

4 komentar untuk Mengkonsumsi makanan atau minuman berlebihan dapat merusak kulit tubuh

  • tya-bisnisbajudankaos.com says:

    rata-rata memang semua mkanan yg kita konsumsi.Memang benar sesuatu yg berlebihan selalu menimbulkan dampak buruk.Nice info

  • Benny / rangkaatapbajaringanbogor.com says:

    pola hidup seimbang baik dr makan, aktifitas & istirahat yg membuat qta slalu sehat btw ini mmg artikel yg bermanfaat buat qta yg mo slalu hidup sehat!

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan